Inilah Tips Packing Sebelum Berangkat Umroh Biar Tenang di Perjalanan

Kecuali untuk beribadah, umroh juga sering kali dijadikan momen liburan religi yang menyenangkan oleh pelancong mancanegara, termasuk para wisatawan asal Indonesia. Datang ke tempat yang paling disucikan umat muslim di dunia, banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan baik-baik, salah satunya memilih baju yang ideal untuk dikenakan selama perjalanan umroh.

Mempunyai iklim cuaca dan kebudayaan yang berbeda jauh dari Indonesia menjadi alasan utama kenapa 'memilih pakaian yang pas' menjadi hal yang semestinya dipertimbangkan matang-matang. Cek informasi seputar paket umroh murah disini.

Pasalnya, setiap perempuan yang tinggal di Arab Saudi terlihat memiliki 1 macam pakaian yang sama, merupakan gamis panjang dengan warna netral tidak mencolok. Desainnya bahkan dibuat dengan longgar tanpa menunjukkan lekuk tubuh sedikitpun. Tentu desain dan tone warna hal yang demikian jarang dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Nah, supaya perjalanan umroh aman dan menyenangkan, berikut kami berikan beberapa kiat berkemas dengan pilihan baju yang ideal untuk dikenakan selama perjalanan umroh. Yuk simak lantas ulasan berikut ini.

1. Jangan bawa pakaian terlalu sedikit
Banyak wisawatan bersuka cita dengan sesuatu yang simple dan sederhana. Tak heran, ketika menjalankan perjalanan ke luar negeri para pelancong hanya membawa beberapa potong pakaian untuk berlibur selama 1 pekan.

Perjalanan liburan berbeda dengan umroh. Bawalah beberapa pasang baju yang sopan selama perjalanan umroh. Negara Arab Saudi yang bisa mempunyai suhu mencapai 51 derajat celcius, akan terasa sangat panas dan mewajibkan seseorang untuk sering berganti pakaian. Sementara di musim dingin pun, Arab akan terasa sungguh-sungguh dingin dan mewajibkan untuk menerapkan pakaian tebal berlapis-lapis.

2. Membawa beberapa syal
Bawalah beberapa potong syal dengan bahan yang pas (kencang meresap keringat) dan tone warna yang netral tak mencolok. Jangan cuma membawa 1 potong syal karena syal tersebut akan basah akan keringat selama perjalanan umroh dan butuh waktu sedikit lebih lama untuk mencuci dan mengeringkannya.

3. Membawa gamis yang layak
Bawalah 3 sampai 4 potong gamis longgar dengan bahan tidak panas dan tone warna yang netral agar menyatu dengan masyarakat lokal di Arab. Sedangkan perjalanan umroh sering kali dihabiskan dengan beribadah di dalam masjid, Teman Dream Travel juga akan menghabiskan waktu berjam-jam di jalan untuk mengelilingi Masjidil Haram, mengerjakan Tawaf, bahkan mengerjakan Sa'i dari Bukit Safa ke Marwa yang akan menguras keringat dan daya.

4. Pakaian dalam
Bawalah sebagian potong kaus oblong dan celana harem sebagai pakaian dalaman. Pilihlah kaus oblong yang ketat dengan bahan mengabsorpsi keringat serta celana dari bahan kapas yang ketat agat tak memegang gerakan ketika perjalanan umroh. Menerapkan dan membawa 'sport bra' juga menjadi opsi yang sangat pas sebab gampang menyerap peluh dan gampang untuk dikeringkan dikala dicuci.

5. Sepatu dan alas kaki
Bawalah 1 pasang sandal, 1 pasang flat shoes dan banyak kaus kaki dikala menjalankan perjalanan umroh. Pada dikala mengerjakan ibadah seperti di Masjidil Haram, Tawaf dan Sa'i tidaklah mewajibkan mengenakan alas kaki seperti sandal sehingga memakai kaus kaki menjadi pilihan yang betul-betul baik agar kaki selalu terlindungi.

Kecuali sebagian tips di atas, persiapkan mental dengan matang dan rajinlah untuk berlolahraga sebelum mengerjakan perjalanan umroh. Sebab, perjalanan ibadah di Tanah Suci akan benar-benar menguras energi. Dan olahraga dapat menolong melatih daya jasmaniah kita.